blog-2

Makanan untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi adalah segala jenis makanan yang mengandung nutrisi penting, yaitu karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Tidak hanya untuk kesehatan ibu hamil, nutrisi pada makanan ini juga berperan penting dalam pertumbuhan janin. Gizi tersebut dibutuhkan pada masa trimester pertama dan sepanjang masa kehamilan. Menurut dokter Ade yang merupakan dokter kandungan, unsur nutrisi tersebut banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan pada berikut ini:

1. Sayuran hijau
Beberapa contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama adalah brokoli, bayam, sawi, kale, dan kubis. Jenis sayuran ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, folat, kalium, dan antioksidan. Selain itu, kadar serat tinggi yang terkandung di dalamnya mampu mencegah sembelit pada ibu hamil.
2. Kacang-kacangan
Contohnya kedelai, kacang panjang, kacang polong, dan kacang tanah. Kandungan folat dalam yang tinggi sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama di trimester pertama kehamilan. Folat berguna untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf dan lahir dengan berat badan rendah.
3. Buah-buahan
Seperti halnya sayuran hijau, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi. Jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, stroberi, pisang, dan kiwi.
Disarankan untuk mengonsumsi 5 porsi buah setiap harinya. Tapi perlu di ingat ya, cuci dulu buah-buahan tersebut hingga benar-benar bersih sebelum memakan atau mengolahnya. Tidak hanya buah segar, mengonsumsi jus buah juga bisa.Hindari menambahkan gula atau pemanis pada buah yang akan dimakan karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan merusak gigi.
4. Susu dan produk olahan susu
Susu dan berbagai produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju, baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Ini dikarenakan susu yang kaya akan kalsium dan protein dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan kesehatan tulang. Selain itu, susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc, serta probiotik untuk mendukung kesehatan pencernaan.
Sebaiknya pilihlah susu atau produk olahan susu yang rendah lemak dan gula, serta hindari mengonsumsi susu atau produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi karena berisiko mengandung bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.
5. Ikan, telur, dan daging
Ikan, telur, dan daging adalah makanan yang juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin.
Jenis ikan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil adalah ikan yang tidak banyak mengandung merkuri, seperti ikan lele, kembung, nila, mujair, mas, salmon, dan tuna.
Telur, daging ayam, dan daging sapi juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Selain itu, zat besi dan vitamin B di dalamnya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia, serta menurunkan risiko bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Namun pastikan daging dan telur yang akan dikonsumsi sudah diolah dengan baik dan dimasak hingga benar-benar matang.
6. Makanan sumber karbohidrat
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat mencakup nasi, kentang, roti, biskuit, dan sereal. Karbohidrat diperlukan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas. Selain itu, karbohidrat juga dibutuhkan dalam proses pembentukan organ tubuh janin selama trismester pertama kehamilan.
Artikel ini kami buat dengan saran dari dr. Ade Irawan, Sp.OG., M.Kes., Spesialis Kebidanan & Kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *